Founding and The Father (Part 1)

 

Cover Founding and the father
Cover buku terbaru kali yah?

Salman Teknik Unsoed adalah sebuah lembaga dakwah tingkat jurusan di Universitas Jenderal Soedirman. Sebagai sebuah lembaga, Salman pasti membutuhkan dana untuk melaksanakan kegiatan-kegiatannya.

 

Telah diketahui pula bahwa Salman merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa, sehingga pendanaan kegiatan juga ditopang oleh pihak Universitas. Untuk mendapatkan dana, Salman perlu meminta dana dengan mengajukan proposal kegiatan. Hal ini adalah wajar bagi dunia kuliah bahwa UKM atau Hima meminta dana ke pihak universitas dengan modal proposal.

 

Namun, dalam posisi sebagai lembaga dakwah yang menjunjung tinggi dan menyebarkan ajaran agama islam, ‘meminta’ adalah hal yang kurang baik. Dalam hal ini, keadaannya adalah Universitas masihlah menjadi pihak sekuler, maka jika ditilik dari hadits yang artinya “Tangan yang di atas lebih baik dari tangan yang di bawah.”, maka jika kita masih ‘minta’ diberi, maka kita belum lebih baik dari pihak yang masih sekuler.

 

oleh karena hal ini, kemandirian finansial Salman sebagai sebuah lembaga dakwah di kampus teknik adalah suatu hal yang harus diwujudkan secepatnya agar citra islam dan lembaga dakwah dapat berada pada posisi yang benar, yaitu Islam lebih baik daripada sekuler.

 

Sampai masa amanah 2012/2013, Salman masih belum memiliki bidang atau biro yang fokus pada pencarian dana/ finansial. Hal ini menjadi kesempatan yang tidak disia-siakan oleh Salman masa amanah 2013/2014. Pada masa amanah yang dipimpin oleh Askhin Al Imran ini, dibentuk sebuah bidang yang berfokus pada finansial yaitu bidang kewirausahaan. Akhmad Zamroni III pun ditunjuk menjadi kepala bidang (kabid) Kewirausahaan atau KWU ini.

 

Dalam masa Founding awal bidang KWU ini The Father, Ahmad Zamroni yang merupakan seorang penulis novel, bergerak bersama staf-staf pertama bidangnya yaitu Fajar Suryo Tri N, Yogi Ripaldi, Rizki Alfianto, Rasyid Mtd, dan Trisno Pamuji. Bersama-sama, Sahabat KWU ini menceplokkan ide-ide untuk mendapatkan uang yang halal demi Salman. berbagai ide usaha pun muncul dan berjalan.

 

Rizki bersama Trisno menjadi penanggungjawab (PJ) untuk berjualan Roti Salman (Rosa). usaha ini cukup menjanjikan dan dapat menghasilkan cukup banyak dana dalam waktu yang tidak terlalu lama. Fajar menjadi PJ pembuatan Aksesoris Macam2 dan lain2 (Akmal) dan Jaket. Rasyid mendapatkan usaha Bazar buku dan penjualan pulsa cepat (Pucat) yaitu usaha yang melayani penjualan pulsa (Melisa) seluler. Yogi mendapatkan usaha kaos mentoring (Kantor) dan PKM-K.

 

Setelah berjalan sekitar satu semester, meskipun belum dapat menjadi tulang punggung Salman, bidang KWU telah dapat menghasilkan dana yang lumayan banyak. terbukti dengan beberapa kegiatan Salman yang sebagian disokong oleh dana dari KWU. Saldo KWU sendiri telah mencapai lebih dari satu juta rupiah.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s